SEJARAH ARSITEKTUR DI INDONESIA
Asitektur Indonesia
terdiri dari klasik-tradisional, vernakular dan bangunan baru kontemporer.
Arsitektur klasik-tradisional adalah bangunan yang dibangun oleh zaman kuno.
Arsitektur vernakular juga bentuk lain dari arsitektur tradisional, terutama
bangunan rumah hunian, dengan beberapa penyesuaian membangun oleh beberapa
generasi ke generasi. Arsitektur Baru atau kontemporer lebih banyak menggunakan
materi dan teknik konstruksi baru dan menerima pengaruh dari masa kolonial
Belanda ke era pasca kemerdekaan. Pengenalan semen dan bahan-bahan modern
lainnya dan pembangunan dengan pertumbuhan yang cepat telah menghasilkan hasil
yang beragam.
Arsitektur Klasik
Indonesia
Ciri khas arsitektur klasik Indonesia dapat dilihat paada bangunan candi dengan struktur menaranya. Candi Buddha dan Hindu dibangun dari batu, yang dibangun di atas tanah dengan cirikhas piramida dan dihiasi dengan relief. Secara simbolis, bangunan adalah sebagai representasi dari Gunung Meru yang legendaris, yang dalam mitologi Hindu-Buddha diidentifikasi sebagai kediaman para dewa. Candi Buddha Borobudur yang terkenal dari abad ke-9 dan Candi Prambanan bagi umat Hindu di Jawa Tengah juga dipenuhi dengan gagasan makro kosmos yang direpresentasiken dengan sebuah gunung. Di Asia Timur, walau dipengaruhi oleh budaya India, namun arsitektur Indonesia (nusantara) lebih mengedapankan elemen-elemen masyarakat lokal, dan lebih tepatnya dengan budaya petani.
Ciri khas arsitektur klasik Indonesia dapat dilihat paada bangunan candi dengan struktur menaranya. Candi Buddha dan Hindu dibangun dari batu, yang dibangun di atas tanah dengan cirikhas piramida dan dihiasi dengan relief. Secara simbolis, bangunan adalah sebagai representasi dari Gunung Meru yang legendaris, yang dalam mitologi Hindu-Buddha diidentifikasi sebagai kediaman para dewa. Candi Buddha Borobudur yang terkenal dari abad ke-9 dan Candi Prambanan bagi umat Hindu di Jawa Tengah juga dipenuhi dengan gagasan makro kosmos yang direpresentasiken dengan sebuah gunung. Di Asia Timur, walau dipengaruhi oleh budaya India, namun arsitektur Indonesia (nusantara) lebih mengedapankan elemen-elemen masyarakat lokal, dan lebih tepatnya dengan budaya petani.
Budaya Hindu paling
tidak 10 abad telah mempengaruhi kebudayaan Indonesia sebelum pengaruh Islam
datang. Peninggalan arsitektur klasik (Hindu-Buddha) di Indonesia sangat
terbatas untuk beberapa puluhan candi kecuali Pulau Bali yang masih banyak
karena faktor agama penduduk setempat.
Arsitektur vernakular di
Indonesia
Arsitektur tradisional dan vernakular di Indonesia berasal dari dua sumber. Pertama adalah dari tradisi Hindu besar dibawa ke Indonesia dari India melalui Jawa. Yang kedua adalah arsitektur pribumi asli. Rumah-rumah vernakular yang kebanyakan ditemukan di daerah pedesaan dibangun dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti atap ilalang, bambu, anyaman bambu, kayu kelapa, dan batu. Bangunan adalah penyesuain sepenuhnya selaras dengan lingkungan sekitar. Rumah-rumah di pedalaman di Indonesia masih banyak yang menggunakan bambu, namun dengan seiring dengan proses modernisasi, bangunan-bangunan bambu ini sedikit demi sedikit diganti dengan bangunan dinding bata.
Arsitektur tradisional dan vernakular di Indonesia berasal dari dua sumber. Pertama adalah dari tradisi Hindu besar dibawa ke Indonesia dari India melalui Jawa. Yang kedua adalah arsitektur pribumi asli. Rumah-rumah vernakular yang kebanyakan ditemukan di daerah pedesaan dibangun dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti atap ilalang, bambu, anyaman bambu, kayu kelapa, dan batu. Bangunan adalah penyesuain sepenuhnya selaras dengan lingkungan sekitar. Rumah-rumah di pedalaman di Indonesia masih banyak yang menggunakan bambu, namun dengan seiring dengan proses modernisasi, bangunan-bangunan bambu ini sedikit demi sedikit diganti dengan bangunan dinding bata.
Arsitektur tradisional
di Indonesia
Bangunan vernakular yang
tertua di Indonesia saat ini tidak lebih dari sekitar 150 tahun usianya. Namun
dari relief di dinding abad ke-9 di candi Borobudur di Jawa Tengah
mengungkapkan bahwa ada hubungan erat dengan arsitektur rumah vernakular
kontemporer yang ada saat ini. Arsitektur vernakular Indonesia juga mirip
dengan yang dapat ditemukan di seluruh pulau-pulau di Asia Tenggara.
Karakteristik utamanya adalah dengan digunakannya lantai yang ditinggikan
(kecuali di Jawa), atap dengan kemiringan tinggi menyerupai pelana dan
penggunaan material dari kayu dan bahan organik tahan lama lainnya.
Pengaruh Islam dalam Arsitektur
Budaya Islam di Indonesia dimulai pada tahun 13 Masehi ketika di
Sumatra bagian utara muncul kerajaan Islam Pasai di 1292. Dua setengah abad
kemudian bersama-sama juga dengan orang-orang Eropa, Islam datang ke Jawa.
Islam tidak menyebar ke kawasan Indonesia oleh kekuatan politik seperti di
India atau Turki namun lebih melalui penyebaran budaya. Budaya Islam pada
arsitektur Indonesia dapat dijumpai di masjid-masjid, istana, dan bangunan
makam.
Menurunnya kekuatan kerajaan Hindu Majapahit di Jawa menandai
bergantinya periode sejarah di Jawa. Kebudayaan Majapahit tersebut meninggalkan
kebesarannya dengan dengan serangkaian candi-candi monumental sampai abad
keempat belas. Meskipun demikian, tidak berarti bahwa “Zaman Klasik” di Jawa
ini kemudian diganti dengan zaman “biadab” dan juga bukanlah awal dari “Abad
Kegelapan”. Selanjutnya kerajaan-kerajaan Islam melanjutkan budaya lama
Majapahit yang mereka adopsi secara jenius. “New Era” selanjutnya menghasilkan
ikon penting seperti masjid-masjid di Demak, Kudus dan Banten pada abad keenam
belas. Juga dengan situs makam Imogiri dan istana-istana Yogyakarta dan
Surakarta pada abad kedelapan belas. Fakta sejarah menunjukkan bahwa Islam tidak
memperkenalkan bentuk-bentuk fisik baru dan ajaran-ajarannyapun diajarkan lebih
dalam cara-cara mistis oleh para sufi, atau dengan kata lain melalui
sinkretisme, sayangnya hal inilah yang mempengaruhi ‘gagal’nya Islam sebagai
sebuah sistem baru yang benar-benar tidak menghapuskan warisan Hindu ( lihat
Prijotomo, 1988).
Masjid Kudus dengan
Gaya Hindu untuk Drum Tower dan Gerbang
Penyebaran Islam secara
bertahap di kawasan Indonesia dari abad ke-12 dan seterusnya dengan
memperkenalkan serangkaian penting pengaruh arsitektur. Namun, perubahan dari
gaya lama ke baru yang lebih bersifat ideologis baru kemudian teknologi.
Kedatangan Islam tidak mengarah pada pengenalan bangunan yang sama sekali baru,
melainkan melihat dan menyesuaikan bentuk-bentuk arsitektur yang ada, yang
diciptakan kembali atau ditafsirkan kembali sesuai persyaratan dalam Islam.
Menara Kudus, di Jawa Tengah, adalah contoh dalam kasus ini. Bangunan ini
sangat mirip dengan candi dari abad ke-14 di era kerajaan Majapahit, menara ini
diadaptasi untuk kepentingan yang lebih baru dibangun masjid setelah runtuhnya
kerajaan Majapahit. Demikian pula, masjid-masjid di awal perkembangan Islam di
Indonesia murni terinspirasi dari tradisi bangunan local yang ada di Jawa, dan
tempat lain di Nusantara, dengan empat kolom utama yang mendukung atap
tengahnya. Dalam kedua budaya ini empat kolom utama atau Saka Guru mempunyai
makna simbolis.
Gaya Belanda dan Hindia Belanda
Pengaruh Barat di mulai jauh sebelum tahun 1509 ketika Marco Polo
dari Venesia melintasi Nusantara di 1292 untuk kegiatan perdagangan. Sejak itu
orang-orang Eropa berusaha untuk merebut kendali atas perdagangan rempah-rempah
yang sangat menguntungkan. Portugis dan Spanyol, dan kemudian Belanda,
memperkenalkan arsitektur mereka sendiri dengan cara awal tetap menggunakan
berbagai elemen arsitektur Eropa, namun kemudian dapat beradaptasi dengan
tradisi arsitektur lokal. Namun proses ini bukanlah sekadar satu arah: Belanda kemudian
mengadopsi unsur-unsur arsitektur pribumi untuk menciptakan bentuk yang unik
yang dikenal sebagai arsitektur kolonial Hindia Belanda. Belanda juga sadar
dengan mengadopsi arsitektur dan budaya setempat kedalam arsitektur tropis baru
mereka dengan menerapkan bentuk-bentuk tradisional ke dalam cara-cara modern
termasuk bahan bangunan dan teknik konstruksi.
Gereja Blenduk dan
Lawang Sewu bangunan, contoh dari arsitektur Belanda
Bangunan kolonial di Indonesia, terutama periode Belanda yang
sangat panjang 1602 – 1945 ini sangat menarik untuk menjelajahi bagaimana
silang budaya antara barat dan timur dalam bentuk bangunan, dan juga bagaimana
Belanda mengembangkan aklimatisasi bangunan di daerah tropis. Menurut Sumalyo
(1993), arsitektur kolonial Belanda di Indonesia adalah fenomena budaya unik
yang pernah ditemukan di tempat lain maupun di tanah air mereka sendiri.
Bangunan-bangunan tesebut adalah hasil dari budaya campuran kolonial dan budaya
di Indonesia.
Perbedaan konsep Barat dan Indonesia ke dalam arsitektur adalah
terletak pada korelasi antara bangunan dan manusianya. Arsitektur Barat adalah
suatu totalitas konstruksi, sementara itu di Timur lebih bersifat subjektif,
yang lebih memilih penampilan luar terutama façade depan. Kondisi alam antara
sub-tropis Belanda dan tropis basah Indonesia juga merupakan pertimbangan utama
bangunan Belanda di Indonesia.
Sebenarnya, Belanda tidak langsung menemukan bentuk yang tepat
untuk bangunan mereka di awal perkembangannya di Indonesia. Selama awal
kolonisasi Eropa awal abad 18, jenis bangunan empat musim secara langsung
dicangkokkan Belanda ke iklim tropis Indonesia. Fasade datar tanpa beranda,
jendela besar, atap dengan ventilasi kecil yang biasa terlihat di bagian tertua
kota bertembok Belanda, juga digunakan seperti di Batavia lama (Widodo, J. dan
YC. Wong 2002).
Menurut Sumintardja, (1978) VOC telah memilih Pulau Jawa sebagai
pusat kegiatan perdagangan mereka dan bangunan pertama dibangun di Batavia
sebagai benteng Batavia. Di dalam benteng, dibangun rumah untuk koloni,
memiliki bentuk yang sederhana seperti rumah asli di awal tapi belakangan
diganti dengan rumah gaya Barat (untuk kepentingan politis). Dinding batu bata
rumah, mereka mengimpor bahan langsung dari Belanda dan juga dengan atap
genteng dan interior furniture. Rumah-rumah yang menjadi tradisi pertama
rumah-rumah tanpa halaman, dengan bentukan memanjang seperti di Belanda
sendiri. Rumah-rumah ini ada dua lantai, sempit di façade tapi lebar dalam.
Rumah tipe ini selanjutnya banyak digunakan oleh orang-orang cina setelah orang
Belanda beralih dengan rumah-rumah besar dengan halaman luas. Rumah-rumah ini
disebut sebagai bentuk landhuizen atau rumah tanpa beranda dalam periode awal, setelah
mendapat aklimatisasi dengan iklim setempat, rumah-rumah ini dilengkapi dengan
beranda depan yang besar seperti di aula pendapa pada bangunan vernakular Jawa.
Pada awalnya, rumah-rumah ini dibangun dengan dua lantai, setelah
mengalami gempa dan juga untuk tujuan efisiensi, kemudian rumah-rumah ini
dibangun hanya dalam satu lantai saja. Tetapi setelah harga tanah menjadi
meningkat, rumah-rumah itu kembali dibangun dengan dua lantai lagi.
Penentuan desain arsitektur menjadi lebih formal dan ditingkatkan
setelah pembentukan profesi Arsitek pertama di bawah Dinas Pekerjaan Umum (BOW)
pada 1814-1930. Sekitar tahun 1920-an 1930-an, perdebatan tentang masalah
identitas Indonesia dan karakter tropis sangat intensif, tidak hanya di
kalangan akademis tetapi juga dalam praktek. Beberapa arsitek Belanda, seperti
Thomas Karsten, Maclaine Pont, Thomas Nix, CP Wolf Schoemaker, dan banyak
lainnya, terlibat dalam wacana sangat produktif baik dalam akademik dan
praksis. Bagian yang paling menarik dalam perkembangan Arsitektur modern di
Indonesia adalah periode sekitar 1930-an, ketika beberapa arsitek Belanda dan
akademisi mengembangkan sebuah wacana baru yang dikenal sebagai
“Indisch-Tropisch” yaitu gaya arsitektur dan urbanisme di Indonesia yang
dipengaruhi Belanda
Tipologi dari arsitektur kolonial Belanda; hampir bangunan besar
luar koridor yang memiliki fungsi ganda sebagai ruang perantara dan penyangga
dari sinar matahari langsung dan lebih besar atap dengan kemiringan yang lebih
tinggi dan kadang-kadang dibangun oleh dua lapis dengan ruang yang digunakan
untuk ventilasi panas udara.
Arsitek-arsitek Belanda mempunyai pendekatan yang baik berkaitan
dengan alam di mana bangunan ditempatkan. Kesadaran mereka dapat dilihat dari
unsur konstruksi orang yang sangat sadar dengan alam. Dalam Sumalyo (1993,):
Karsten pada tahun 1936 dilaporkan dalam artikel: “Semarangse kantoorgebouwen”
atau Dua Office Building di Semarang Jawa Tengah:
1. Pada semua lantai pertama dan kedua, ditempatkan pintu,
jendela, dan ventilasi yang lebar diantara dia rentang dua kolom. Ruangan untuk
tiap lantai sangat tinggi; 5, 25 m di lantai pertama dan 5 m untuk lantai dua.
Ruangan yang lebih tinggi, jendela dan ventilasi menjadi sistem yang baik untuk
memungkinkan sirkulasi udara di atap, ada lubang ventilasi di dinding atas (di
atas jendela)
2. Disamping lebar ruang yang lebih tinggi, koridor terbuka di
sisi Barat dan Timur meliputi ruang utama dari sinar matahari langsung.
Ketika awal urbanisasi terjadi di Batavia (Jakarta), ada begitu
banyak orang membangun vila mewah di sekitar kota. Gaya arsitekturnya yang
klasik tapi beradaptasi dengan alam ditandai dengan banyak ventilasi, jendela
dan koridor terbuka banyak dipakai sebagai pelindung dari sinar matahari
langsung. Di Bandung, Villa Isolla adalah salah satu contoh arsitektur yang
baik ini (oleh Schoemaker1933).
Villa Isolla, salah
satu karya arsitektur Belanda di Indonesia
Arsitektur Kontemporer Indonesia
Setelah kemerdekaan pada tahun 1945, bangunan modern mengambil
alih Indonesia. Kondisi ini berlanjut ke tahun 1970-an dan 1980-an ketika
pertumbuhan eknomi yang cepat Indonesia yang mengarah pada program-program
pembangunan besar-besaran di setiap sector mulai dari skema rumah murah,
pabrik-pabrik, bandara, pusat perbelanjaan dan gedung pencakar langit. Banyak
proyek bergengsi yang dirancang oleh arsitek asing yang jarang diterapkan diri
mereka untuk merancang secara khusus untuk konteks Indonesia. Seperti halnya
kota-kota besar di dunia, terutama di Asia, sebagai korban dari globalisasi
terlepas dari sejarah lokal, iklim dan orientasi budaya.
Rumah-rumah
kontemporer di Indonesia
Arsitektur modern Indonesia umumnya mulai di sekitar tahun 50an
dengan dominasi bentuk atap. Model bangunan era kolonial juga diperluas dengan
teknik dan peralatan baru seperti konstruksi beton, AC, dan perangkat lift.
Namun, sepuluh tahun setelah kemerdekaan, kondisi ekonomi di Indonesia belum
cukup kuat. Sebagai akibat, bangunan yang kurang berkualitas terpaksa lahir.
Semua itu sebagai upaya untuk menemukan arsitektur Indonesia modern, seperti
halnya penggunaan bentuk atap joglo untuk bangunan modern.
Arsitektur perumahan berkembang luas pada tahun 1980-an ketika
industri perumahan booming. Rumah pribadi dengan arsitektur yang unik banyak
lahir tapi tidak dengan perumahan massal. Istilah rumah rakyat, rumah
berkembang, prototipe rumah, rumah murah, rumah sederhana, dan rumah utama
dikenal baik bagi masyarakat. Jenis ini dibangun dengan ide ruang minimal,
rasional konstruksi dan non konvensional (Sumintardja, 1978)
Permasalahan untuk Arsitektur Indonesia
Gerakan-gerakan baru dalam arsitektur seperti Modernisme,
Dekonstruksi, Postmodern, dll tampaknya juga diikuti di Indonesia terutama di
Jawa. Namun, dalam kenyataannya, mereka menyerap dalam bentuk luar saja, bukan
ide-ide dan proses berpikir itu sendiri. Jangan heran jika kemudian muncul
pandangan yang dangkal; “Kotak-kotak adalah Modern, Kotak berjenjang adalah
pasca Modern” (Atmadi, 1997). Arsitektur hanya hanya dilihat sebagai objek
bukan sebagai lingkungan hidup.
Sumalyo, (1993) menyatakan bahwa pandangan umum arsitektur Barat:
‘Purism’, di mana untuk menunjuk Bentuk dan Fungsi, adalah berlawanan dengan
konsep-konsep tradisi yang memiliki konteks dengan alam. Kartadiwirya, dalam
Budihardjo (1989,) berpendapat, mengapa prinsip tropis ‘nusantara’ arsitektur
jarang dipraktekkan di Indonesia adalah karena pemikiran dari proses
perencanaan tidak pernah menjadi pemikiran. Mereka hanya hanya mengajarkan
tentang perencanaan konvensional selama 35 tahun tanpa perubahan berarti sampai
beberapa hari. Sayangnya hamper semua bahan pengajaran dalam arsitektur berasal
dari cara berpikir Barat yang menurut Frick (1997) telah menghasilkan kelemahan
arsitektur Indonesia. Dia juga menjelaskan bahwa Bahan menggunakan bangunan
modern hanya karena alasan produksi massal yang lebih ‘Barat’ dan jauh dari
tradisi setempat. Kondisi ini telah memicu penggunaan bahan yang tidak biasa
dan tanpa kondisi lokal.
No comments:
Post a Comment